Sunday 5 September 2010

My 20 Most Inspiring Songs of All Time



Hari ini saya lagi mood banget upload puluhan lagu ke dalam iPod saya. Ternyata dari segitu banyak ada sebagian lagu yang sering saya puter berulang kali karena memberikan kesan mendalam buat saya. Secara keseluruhan, lagu-lagu ini punya kesamaan; seakan memberi suntikan energi positif kedalam diri saya. Entah itu karena liriknya yang berkesan, musiknya yang catchy, indah, atau sekedar mengingatkan saya dengan video clip-nya yang keren. Ada yang bikin saya jadi termotivasi untuk terus maju menerjang semua rintangan yang saya hadapi, ada yang mengingatkan saya bahwa hidup ini indah, ada juga lagu yang membangkitkan semangat saya ketika down, juga lagu yang membuat saya seakan jatuh cinta lagi ;D Intinya lagu-lagu ini gak bikin saya mellow ya... justru sebaliknya, full POWER! hehe...


Kapanpun saya bekerja saya selalu mendengarkan satu atau dua lagu dari list dibawah ini untuk membantu membangkitkan semangat dan mendapatkan ide-ide baru yang segar. Juga baik untuk memulai aktifitas. Bagi saya, sebuah lagu yang pas di pagi hari sangat penting pengaruhnya terhadap jalannya seluruh kegiatan saya sepanjang hari. Dengan lagu yang bisa memberikan energi positif maka biasanya aktifitas saya akan berjalan lebih baik dari pagi hingga di penghujung hari.


Dari ribuan lagu dalam iPod, akhirnya saya berhasil menyeleksi 20 lagu (phew..) yang selalu menjadi sumber inspirasi saya selama ini. Kebanyakan memang lagu-lagu jaman saya ABG hehehe... Jadi buat para ABG yang lagi baca blog saya, yiuukk mareee coba dengerin lagu-lagu keren dari jaman tante Livia yaa... hahaha... ;p Are you ready? hehe... Jangan lupa pasang speaker dan gedein volume-nya ya! ;) 

These songs are very uplifting.... never fail to put a smile on my face whenever I'm down ;)






20. YOU GET WHAT YOU GIVE by New Radicals

Pertama kali denger lagu ini waktu mau lulus kuliah, masih jamannya kaset, haha.. Tapi saya beli singelnya dalam bentuk CD. Kesengsem abis sama penyanyinya yang super duper cute ;p Setiap kali denger lagu ini rasanya pingin jerit dan lompat-lompat.. hihihi... Happy banget! Dan liriknya bikin semangat:


One dance left
This world is gonna pull through
Don't give up
You've got a reason to live
Can't forget we only get what we give

Don't give up
Just don't be afraid to live .......!



90's RULE, man! Ngomong-ngomong kemana ya ni orang? 
They should've made more music :-(


19. BITTERSWEET SYMPHONY by The Verve

Salah satu lagu paling indah yang pernah saya denger. Bikin pingin nangis dan senyum dalam saat yang bersamaan. Dulu tau lagu ini dari salah satu temen deket saya. Gak lama pas nonton "Cruel Intention" ternyata lagu indah ini jadi salah satu soundtrack-nya. Makin sukaa, karena lagu ini diputer saat Reese Witherspoon ngebut dengan Jaguar di highway. Cucok banget deh! Feels like all my troubles fade away..... :)


18. CARNIVAL by The Cardigans

Lagu ini ceria, ringan dan catchy. Paling enak didenger saat santai setelah lelah beraktivitas untuk recharge tenaga dan pikiran :) 


17. PRIDE (IN THE NAME OF LOVE) by U2

Hampir semua lagu U2 bikin semangat, ya gak? Bagi saya terutama yang satu ini, nih. Walaupun lagu ini terlalu political liriknya, tapi beat-nya yang keren bikin U2 memang tiada duanya deh! :)

16. EVERYBODY'S CHANGING by Keane

Ahhh.... just listen to this... dari mulai suara Tom Chaplin yang merdu, lirik lagunya, musiknya yang indah.... Lagu ini mengingatkan saya akan waktu yang terus berjalan. Dan tanpa kita sadari, setiap hari kita mengalami perubahan. Ini bukan tentang perubahan orang-orang di sekeliling kita, tapi justru kita yang tumbuh dewasa dengan banyaknya pengalaman dan ilmu. Mungkin kita sudah gak nyambung lagi dengan dengan sahabat kita saat SMA atau kuliah dulu. Atau justru susah banget bertemu karena kesibukan masing-masing. Tapi seorang sahabat sejati akan selalu menyisihkan waktunya untuk mendengarkan dan menghibur kita walau terpisah jarak dan waktu. 

15. HOPPIPOLLA by Sigur Rós

Band asal Islandia ini adalah salah satu band favorit saya. Bener-bener kumpulan orang-orang jenius dan saya beruntung bisa menemukan musik mereka yang luar biasa dalam hidup saya. Lagu ini salah satu dari sekian banyak lagu favorit saya dari band ini. "Hoppipolla" udah sering banget dipakai buat soundtrack macem-macem iklan maupun film. Mungkin Anda juga udah pernah denger. Selain musiknya yang indah, nonton video clip-nya deh. Mungkin moralnya adalah: Hidup ini hanya sekali. Jangan disia-siakan. Umur bukan sebuah batasan bagi kita untuk berhenti melakukan hal-hal yang ingin kita lakukan. So, live your life to the fullest ;)


14. STAND BY ME by Ben E. King

Lagu ini udah banyak versinya tapi versi orisinil dari Ben E. King inilah yang saya suka. Berawal dari nonton film karya Stephen King yang berjudul sama, pada tahun 1988 kalo gak salah, yang berkisah tentang persahabatan empat orang remaja tanggung yang berkelana mencari mayat seorang anak yang tewas tertabrak kereta api. Film ini begitu menyentuh sehingga lagu dan filmnya menjadi salah satu favorit saya sepanjang masa. Disini Jerry O'Connel masih chubby, Corey Feldman belom kena narkoba, Wil Wheaton masih cute banget, dan River Phoenix, aktor favorit saya sepanjang masa, masih bernafas (hiks..). 


13. TAKE ON ME by A-Ha

Yang bikin saya cinta banget sama A-ha apalagi kalo bukan suara indahnya Morten Harket. Dan ini salah satu lagu mereka yang selalu bikin saya pingin joged, hehehe.... Liat video clip-nya deh, keren banget!

12. KEEPING THE DREAM ALIVE by 

Münchener Freiheit

Lagu ini udah lama banget, sekitar tahun 1988. Dipopulerkan kembali oleh American Idol ;) Intinya lagu ini tentang mimpi. Jangan takut bermimpi terlalu tinggi. Walau kelihatan jauh, tapi kita harus terus mencoba dan yakin akan diri kita bahwa suatu saat dengan langkah pasti, impian itu akan tercapai. 


11. PURE by Lightning Seeds

Satu lagi band favorit saya. Semua lagunya ga ada yang ga enak. Terutama yang satu ini. Ga ada nada sedih sama sekali dalam melody lagu ini. Dari mulai lirik sampai musiknya semua serba happy, membuat saya pingin melakukan sesuatu yang lebih dalam hidup ini. Pingin jadi diri sendiri. Murni, semurni judulnya :) 


10. LOVE TODAY by Mika

Bagi yang belum punya albumnya Mika, "Life In Cartoon Motion", cari deh...! Album ini cocok banget buat kita yang sedang jenuh, pingin denger lagu yang ringan-ringan aja, tapi gak biasa. Dijamin album ini bisa mencerahkan hari-hari Anda ;) Lagu "Love Today" kelihatan banget kalo Mika menulisnya disaat mood-nya lagi bagus. Ceria, agak sedikit genit khas Mika. Lagu ini enak banget didenger saat nyetir mobil pas lagi macet.. hahaha... Pasti gak jadi deh pingin nimpukin motor yang nyelonong ;p


9. DREAMS by The Cranberries

Rasanya sudah sering denger lagu ini dimana-mana tapi entah kenapa gak pernah bosen-bosen ;p Ini lagu Cranberries yang paling berkesan menurut saya dan Dolores' voice is the best. Sekarang banyak banget penyanyi cewek yang berusaha ngikutin suara Dolores tapi gagal total, hehehe... siann deh.. ;p 

8. BOOK OF DAYS by Enya

Dulu denger lagu-lagunya Enya waktu jaman kuliah saat nonton sebuah iklan maskapai penerbangan di Melbourne, tapi lupa maskapai apa. Bener-bener terpesona saya sama suaranya yang bagaikan malaikat. Pas banget deh sama suasananya yang lagi winter saat itu. Saking penasarannya saya rela ngubek-ngubek semua toko CD untuk nyari penyanyinya. Akhirnya dapet deh album "Shepherd Moon"-nya Enya yang salah satunya adalah lagu ini. Lagu ini juga dipakai dalam soundtrack film Nicole Kidman dan Tom Cruise, "Far and Away". Saya sangat mengagumi lagu-lagu Enya yang kebanyakan dinyanyikan dalam bahasa Gaelic atau Latin. Kayaknya ga perlu tau artinya deh, denger musik dan suaranya aja udah membuat saya terinspirasi oleh banyak hal. She's amazing.

7. JUMP by Van Halen


Dulu lagu ini sempet jadi theme song banyak acara olahraga. Gak heran kan, judulnya aja "Jump". Melody keyboard di awal lagu ini selalu membuat saya gembira, lepas dan semangat. Rasanya kepingin coba spilt seperti David Lee Roth, hihihi... ;p


6. HOLD ON by Wilson Phillips

Gara-gara nonton "Harold and Kumar" jadi cekikikan sendiri kalo denger lagu ini. Tapi lagu ini memang menyentuh sekali menurut saya. Liriknya powerful, suara tiga cewek ini TOP banget. Menurut Wikipedia lagu ini berpesan kepada seluruh cewek yang sudah lama disakiti oleh pasangannya; c'mon girls waktunya fight! Jangan mau diinjek-injek sama orang lain. Gitu deh kira-kira, hehehe... Girl power!

5. ELECTRIC YOUTH by Debbie Gibson

Hahahaa... ini lagu seru banget! Jadul. Lagu jaman SMP soalnya...! Lots and lots of great memories. Saya sebetulnya dulu ga terlalu ngefans sama Debbie Gibson, tapi lagu yang satu ini saya sukaaa. Dinamis, ceria, sampe dulu berusaha ngikutin dance-nya, hahaha... :D Saya inget "Electric Youth" ini sampai ada parfumnya dan sepertinya semua cewek ABG punya.. hihihi... This song rocks! ;p


4. FIREWORK by Katy Perry
Cuma satu yang ada di kepala saya begitu denger lagu ini: Powerful. Liriknya bikin saya tergugah. You're original, cannot be replaced, If you only knew what the future holds
After a hurricane comes a rainbowMaybe you're reason why all the doors are closed
So you could open one that leads you to the perfect road.

Disaat apa yang kita lakukan kelihatannya mentok semua, gak usah frustrasi dan menyalahkan keadaan, karena kesabaran adalah kunci dari segalanya... Dan semua akan indah pada waktunya :)


3. WAVING FLAG by K'naan

Siapa yang ga tau lagu ini? Official theme song-nya World Cup 2010 yang sering banget diputer (selain lagu Waka Waka-nya Shakira hehe...). Saya selalu teringat masa penuh damai setiap kali World Cup diadakan. Seakan dunia sejenak melupakan semua konflik dan problemanya, lalu bersatu dalam perayaan besar ini. Itulah kenapa saya cinta sekali dengan sepakbola. Hanya sepakbola satu-satunya olahraga yang bisa menyatukan seluruh manusia di muka bumi ini ;)


2. TUBTHUMPING by Chumbawamba

One hit wonder satu ini memang keren banget. Pas banget kalo diputer saat kita lagi butuh penyemangat saat menghadapi kegagalan. Yuk bangun, jangan menyerah! I get knocked down but I get up again, You're never gonna keep me down...! :D


1. TODAY by Smashing Pumpkins

My fave band of all time. Ini adalah lagu pertama mereka yang bikin saya jatuh cinta sama musik mereka hingga saat ini. Setiap denger lagu ini entah itu di radio, iPod, CD atau TV, entah kenapa saya masih merinding dan berdebar-debar rasanya, just like falling in love all over again... hihihi... Walau sebenarnya lirik lagu ini bisa dibilang suram, tapi melody-nya yang ceria selalu berhasil membuat saya kembali berdiri disaat jatuh, mengembalikan energi yang hampir hilang dan mengukir senyum di wajah saya :)




Apakah lagu Anda ada di daftar diatas? Atau Anda punya lagu sendiri yang bisa membuat Anda terinspirasi? Kenapa Anda begitu terinspirasi? Tolong di share di kolom comment dibawah ini ya! Jangan lupa kasih link youtube-nya supaya yang lain bisa ikut dengerin ;)  Thanks yaa...! 






-ilustrasi: TPG images
These clips are shown by courtesy of youtube.com-

7 comments:

Livia said...

wiih keren mamacha! Apalagi Viva La Vida- Coldplay :D
Thank for sharing!

Brontox said...

Nice choice of song. 'met kenal mbak. saya juga gede di era 90an. jadi inget chumbawamba...........nggak tau lagi kemana perginya band itu!! :-D
lagu inspiratif saya Hero - Maria Carey http://www.youtube.com/watch?v=0IA3ZvCkRkQ&ob=av2n
inget waktu "nembak" cewequ dulu ;-D

Livia said...

@Brontox: Salam kenal juga :) Saya juga suka Hero. Itu jamannya Mariah Carey masih belom terpolusi Hollywood hehehe... Such a powerful song.. Makasih ya mas udah mampir ke blogku and thank you for sharing :)

Maychan Berindu said...

Boleh juga daftar lagunya walaw ada sebagian yg gue gak tau ^^
Boleh nambahin kann? Bad day by Daniel Powter http://www.youtube.com/watch?v=gH476CxJxfg&ob=av2e
this song make mehappy and had good day ^^
dannn Katy Perry - california gurls http://www.youtube.com/watch?v=u-ICZlm5v6A&feature=related video klipnya bikin gue laper! xixixi gak nyambung ya???? Tthanks, salam kenal!

Livia said...

alo Maychan, salam kenal ya! California gurls emang video clipnya bikin laper hihihi... full candies ;p
gw juga suka "bad day", lagu wajib kalo karaoke hehehe...
Thx ya uda komen!

Tiara Aryani said...

Aduh mutti...kemaren PURE jadi lagu penutup konsernya The Lightning Seeds di MBCPlayground lhooo..... Mustinya mutti ikutan...biar berkubang tanah & becek tapi seru bangetttt....

Livia said...

aaaarrgghh siriiikk gw :((