Saturday 4 December 2010

Harry Potter and the Deathly Hallows

Akhirnya turun juga ni film setelah ketunda terus. Menurut saya, this is the best Harry Potter movie so far. Soalnya alur ceritanya lumayan faithful to the book. Tapi disini saya bukan mau bikin review tentang film ini, tapi lebih ke apa yang saya rasakan mengenai serial novel fiksi yang fenomenal ini. 

Selalu berdebar-debar rasanya kalo nunggu buku atau filmnya mo di-release. Saya inget taun lalu ngomel-ngomel kenapa Deathly Hallows ditunda terus premiernya. Tapi sekarang setelah filmnya bener-bener keluar, saya malah sedih… Beruntung masih ada part two yang bisa saya tunggu tahun depan. Tapi setelah itu? Apalagi yang musti saya tunggu? Bukunya habis, filmnya habis. Rasanya seperti akan berpisah dengan seseorang yang amat saya kasihi. Hiks.. kok saya jadi sedih ya…? Selesai deh tujuan hidup saya...*lebay* hahaha…

Bisa dibilang buku ini memberi warna pada hidup saya dalam 10 tahun terakhir. Apalagi saya bener-bener ngikutin perjalanannya dari pertama kali buku serial ini masuk di Indonesia kira-kira 10 yang tahun lalu, dimana digambarkan perjalanan hidup seorang anak umur 11 tahun, sampai jadi remaja 17 tahun. Gimana saya gak “jatuh cinta” sama Harry. I feel like I’ve known him forever. Mungkin itu juga yang dirasain jutaan penggemarnya di seluruh dunia. Yes, I'm a Harry Potter fan. Bisa dibilang agak obsessed ;p Bahkan kalo ditanya apa hadiah ulang tahun terbaik dalam hidup saya, tanpa pikir panjang saya akan menjawab ketika mantan pacar saya (sekarang suami dong ahh! wehehe) memberikan buku Harry Potter and the Goblet of Fire keluaran Bloomsbury. Padahal buku itu baru di published dua hari sebelumnya. Saya bahkan sampai terharu ketika menerimanya. Bukan apa-apa, soalnya ulang tahun saya kan bulan Juni sementara buku itu keluar di bulan Juli. Jadi setelah sebulan “dicuekin” si Doggy yang berlagak ga punya duit buat beliin saya kado, and there he was smiling, standing in front of me, handed over the book and said, 'Happy Birthday.' Mewek deh sayaaa……;p

Dari dulu saya memang sangat mencintai cerita anak, seperti karangan Enid Blyton, Astrid Lindgren, Roald Dahl, C.S. Lewis, dan yang baru-baru seperti Cornelia Funke, dll. Bagi saya Enid Blyton dan Astrid Lindgren adalah pengarang cerita anak yang tidak ada duanya. Dulu saya punya lengkap buku-buku mereka seperti serial Malory Towers, St. Claire, Bullerbyn, dll. Tapi sejak sering pindah rumah banyak yang hilang. Jadi sekarang saya mulai ngumpulin lagi deh sedikit-sedikit. Mereka adalah legend di jaman saya dan saya sangat menyayangkan rasanya ga ada lagi pengarang cerita anak yang sehebat mereka, sampai akhirnya muncul seorang pengarang baru bernama Joanne Kathleen Rowling

Saya inget pertama kali baca buku Harry Potter and the Philosopher’s Stone, waktu itu blom nikah. Karena terkagum-kagum dengan isi ceritanya, saya bertekad kelak saya akan meminta anak-anak saya untuk membaca buku-buku ini. Now, 10 years later, anak saya udah dua, yang pertama udah hampir 6 tahun, dan mulai menunjukkan interest pada novel-novel saya yang berjajar di rak, termasuk seri Harry Potter. Tapi saya bilang sama dia, ‘Nanti ya kalo kamu udah masuk SD kamu boleh baca buku ini.’ Bukan apa-apa, itu buku kan tebel, sementara anak saya badannya kecil, kalo nimpa muka dia kan lumayan tuh hahhaha… jadi sementara saya pinjemin dia buku-buku Enid Blyton dulu aja deh.

Inget banget pertama kali film Harry Potter muncul, pemainnya masi pada imut-imut.


Liat deh mereka sekarang,



Udah pada gede banget ya? Daniel Radcliffe makin lama makin mirip sama gambaran saya akan Harry Potter. Dulu saya komplen soalnya, menurut saya harusnya yang jadi Harry Potter lebih culun dari little Daniel yang saat itu terlalu cakep dan imut mukanya…hehehe…. Tapi sekarang kalo baca bukunya saya udah ga bisa ngebayangin orang lain sebagai Harry Potter selain Daniel. He’s perfect! Emma Watson juga cantik banget ya sekarang. Terlalu cantik untuk jadi Hermione sih menurut saya, hehe… Hanya Rupert Grint yang dari dulu paling cocok dengan karakter Ron Wesley redhead, tinggi dan agak sedikit “bloon”.. hehe... Untung juga ya si Rupert gedenya jadi tinggi. Kalo pendek gimana tuh? :D

Liat transformasi mereka rasanya seperti mengingatkan saya betapa cepat waktu bergulir. Bagi saya, serial Harry Potter telah membantu memberi inspirasi melewati saat-saat sulit dalam hidup saya. Setiap kali membaca salah satu bukunya, sudah cukup kok meringankan beban hidup saya. Love, friendship, courage, determination and loyalty semua lengkap disajikan. Saya banyak belajar dari situ. Sayang juga sih di saat fenomena Harry Potter ini anak-anak saya belom ABG. Coba kalo udah, mungkin saya bakalan ngobrol seru ma mereka setiap kali buku atau filmnya keluar ;) Plotnya keren… rumit tapi gak bikin bingung karena alurnya jelas dan rapi, moral ceritanya bagus, karakter-karakternya kuat. Favorit saya tentunya Harry dong. Bukan hanya karena dia pemeran utama, tapi saya suka karena walaupun dia adalah hero, disitu Harry digambarin seperti layaknya seorang manusia biasa. Baik hati, rasa empatinya tinggi, sangat gentleman, tapi juga penuh dengan kekurangan. Banyak sifatnya yang kadang bikin saya kesel dan geregetan bacanya. Antara lain sifatnya yang sering bikin masalah dan keras kepala. Ada benernya juga kalo Snape sebelnya minta ampun sama dia  hehe.. But hey, he’s only human :D J.K. Rowling bener-bener brilliant deh! Kadang saya suka amazed kok bisa ya orang bikin cerita sebagus ini. Bless her.... Mudah-mudahan kalo mati masuk surga ya, karena pahalanya gede banget tuh udah bisa bikin bahagia jutaan orang hehehe…

Anyway, tulisan ini dutujukan buat seluruh penggemar Harry Potter. Saya bersyukur bahwa dalam hidup saya yang singkat ini, saya diberi kesempatan menjadi salah satu witness lahirnya one of the the greatest stories ever yang pastinya akan melegenda sampai 100 tahun mendatang. Bahkan lebih :)


Mischief managed

No comments: