Wednesday 13 April 2011

Tips Kerja Online Agar Lebih Efektif




Sebelumnya saya sudah pernah posting tentang gimana cara saya mencuri waktu agar bisa punya cukup waktu bagi diri sendiri, juga tentang asiknya kerja di rumah. Memang benar setiap orang dianugerahi waktu yang sama banyaknya, namun gak semua orang mendapat tanggung jawab yang sama besarnya, kan? Jadi time management itu penting. Mau yang kerja kantoran maupun kerja di rumah seperti saya ini, pastinya kalo gak bisa manage waktu dijamin keteteran deh. 

Eh, Anda kerja online seperti saya gak? Kalo gitu mudah-mudahan tips pengalaman saya mengatur waktu bisa membantu Anda yaa, supaya pekerjaan Anda insya Allah lebih efektif :



1. Prioritaskan anak dan keluarga.


Sebagai istri dan ibu dua anak balita (eh Katja udah 6 tahun ding... jadi bukan balita lagi ya? hehe..), saya selalu memprioritaskan mereka daripada kerjaan online saya. Make sure mereka selalu kenyang, selalu bersih, istirahat cukup. Makanan selalu tersedia diatas meja buat anak-anak dan si Doggy.. hehe... Mereka adalah number ONE di hidup saya. Yang lainnya nomor sekian termasuk karir saya di Oriflame ;) Jadi buat jadwal rutin untuk keluarga Anda terlebih dahulu, barulah jadwal pekerjaan Anda diseputarnya.


2. Usahakan mulailah pekerjaan online kita di waktu yang sama setiap hari.

Gak gampang memang kalo kita kerja di rumah. Godaannya bejibun hehehe... dari mulai tempat tidur berselimut tebal, buku novel baru yang memanggil-manggil untuk dibaca, TV, facebook, game online, dan masih banyak lagi. Tapi alangkah baiknya bila kita mengatur jadwal "kerja" kita seperti orang kantoran. Kalo misalnya masuk kantor jam 8 pagi, mengapa tidak kita terapkan dalam pekerjaan online kita?
Kalo saya sih, udah gak mungkin ya mulai kerja mulai jam 8 pagi hehehe... Soalnya kalo pagi itu saya sibuk jadi supir yang musti nganter anak sekolah dan si Doggy ke kantor, lalu jemput anak, lalu menyiapkan makan siang. Keluarga saya number one (balik ke poin no. 1). Tapi begitu semua kerjaan rutin saya selesai, yah sekitar jam 2 siang, maka saya langsung strict duduk di meja kerja dan fokus ke pekerjaan saya. Dan ini saya lakukan setiap hari secara rutin. Memulai untuk pertama kali mungkin terasa berat namun seiring waktu ini akan menjadi kebiasaan kita dan pada akhirnya menikmatinya.



3. Hindari mengerjakan dua tugas dalam satu waktu yang bersamaan

Salah satu kunci sederhana dalam manajemen waktu adalah fokus pada suatu aktivitas. Anda gak akan bisa mengerjakan dua tugas sekaligus dengan intensitas perhatian yang sama. Mungkin Anda merasa punya kemampuan "multitasking", namun tetap aja Anda sendiri hanya bisa mengerjakan satu hal di satu waktu. Kalo mau multitasking lebih baik Anda belajar mendelegasikan pekerjaan pada orang lain daripada berusaha menyenangkan hati orang banyak tapi malah hasilnya jauh dari memuaskan.



4. Bekerja dengan orang yang tepat.


Di bisnis online yang saya kerjakan ini, sangat penting untuk menemukan orang-orang yang tepat untuk diajak kerja sama. Teman-teman senasib seperjuangan yang mau ikut menyumbang pemikiran positif dalam hal mengembangkan bisnis jaringan ini kedepannya. Dengan bekerja sama dengan orang-orang yang tepat saya bisa menghemat banyak sekali waktu sehingga saya bisa punya banyak waktu untuk memikirkan strategi terbaik yang insya Allah berguna buat jaringan saya :)


5. KISS (Keep It Simple, Stupid!)

Hehehe... Ini mantra yang selalu muncul di kepala saya saat ketemu tantangan baru. Tips sederhana manajemen waktu adalah bersikap efisien. Itu sama halnya dengan "keep it simple". Gak perlu menghabiskan waktu untuk merumit-rumitkan sesuatu. Kalau suatu pekerjaan bisa dibikin sederhana, kenapa harus dibuat sulit? Dibikin gampang aja... jangan cepet frustrasi, maka Anda akan menemukan waktu lebih banyak lagi.


6. Mempunyai tempat khusus sebagai spot kita untuk bekerja.

Tempat ini gak harus di ruangan khusus atau kamar, bisa di sofa yang empuk dan nyaman asal tempat tersebut tenang, bersih, jauh dari gangguan misal anak-anak atau tempat dimana banyak orang disitu dan jauh dari televisi. Tapi tergantung masing-masing sih. Saya punya downline yang kerjanya di warnet, berisik, banyak asap rokok, tapi toh dia tenang-tenang aja... hehehe... Jadi kenali diri Anda masing-masing ya. Yang pasti kalo memang bisa punya spot khusus buat kerja tentunya akan lebih baik lagi :)



Apabila Anda bekerja dari rumah dan ingin berpenghasilan "serius" dari internet Anda juga harus men-treat-nya secara serius :) Selamat bekerja!


Sumber: serambi-kita.blogspot.com
ilustrasi: TPG Images


dbcn,bisnis online,banner 4th anniv

No comments: