Monday 13 June 2011

14 Pertanyaan Untuk Membantu Anda Lebih Bahagia



Dua hari yang lalu saya bertelefonan dengan salah seorang sahabat lama. Ada kabar yang agak mengejutkan saya ketika ia bercerita bahwa akhirnya ia memutuskan untuk resign dari kantor tempat ia bekerja setelah "mengabdi" selama lebih dari 10 tahun. Padahal kalo dipikir-pikir apalagi yang kurang -- gaji tinggi, posisi bagus, tim kerja yang mendukung. Tapi rupanya semua gak jaminan. Setelah ditanya apa alasannya, ia tidak bisa menjawab secara pasti. "Sepertinya, I've had enough. Sepanjang hidup gue habis dengan bekerja seperti robot. Dan pada suatu titik, gue sadar bahwa bukan ini hidup yang ingin gue jalanin untuk 10 tahun kedepan," tuturnya.
Dan ternyata setelah resign ia pun tidak punya rencana khusus seperti cari kerja tempat lain atau memulai sebuah bisnis. Katanya yang pasti ia akan break dulu, gak tau sampai kapan. Dalam proses break itu ia akan melakukan hal yang seharusnya sudah dia lakukan dari dulu yaitu mencari jati dirinya yang sempat "hilang" karena rutinitas kantor yang sangat menyita waktu (dan mungkin setengah hidupnya).

Saya sedikit terhenyak. Apa yang sahabat saya lakukan sungguh berani dan cenderung nekat. Banyak yang menyesali keputusannya, dari mulai teman, rekan kantor, bos dan terutama orangtua karena dianggap telah menyia-nyiakan hidupnya... Tapi saya tidak bisa men-"judge" keputusannya karena tau betapa berbakatnya sahabat saya ini. Dan bagi saya, apabila kita tidak mencintai apa yang kita lakukan walaupun kompensasinya berupa harta melimpah, hidup ini rasanya sia-sia... Agar dapat benar-benar mencintai diri kita, kita harus tau apa yang dapat membuat kita bahagia. Kita harus 100% yakin pada diri sendiri dalam melakukan keputusan, pilihan dan tindakan. Ini bisa sulit untuk dilakukan ketika kita menghadapi perbedaan pendapat dalam hidup kita - mungkin dari orangtua, guru, teman, dll. Tapi apapun itu, kita harus percaya bahwa kebahagiaan ada ditangan kita sendiri. Kita lah yang bisa mengontrol semua itu, bukan orang lain.

Terlalu banyak orang yang menyabot kebahagiaan merek
a sendiri - dan kebanyakan dari mereka melakukannya tanpa sadar. Dalam hidup, ada banyak hal yang tidak bisa kita kendalikan. Kita tidak bisa mengendalikan orang lain. Kita tidak bisa mengendalikan cuaca. Kita tidak dapat mengontrol beberapa situasi yang kita hadapi. Tapi kita bisa mengendalikan diri kita sendiri.

Anda tidak perlu berbuat ekstrim sepe
rti sahabat saya yang kebetulan belum berkeluarga. Tapi berkeluarga ataupun tidak, memberi penghargaan pada diri sendiri sangat penting. Apa iya kita mau melewati sisa hidup kita seperti zombie dengan melakukan pekerjaan atau suatu hal yang sama sekali tidak membangkitkan gairah hidup kita?

Lihatlah daftar pertanyaan di bawah ini dan jawab dengan
jujur​​. Jangan asal lewat saja. Pikirkan baik-baik sewaktu menjawab terutama ketika Anda menyadari kalau pertanyaan ini "kena" banget pada diri Anda:


1. Apakah Anda selalu bilang “Ya”?
2. Apakah Anda selalu bilang “Tidak”?
3. Apakah Anda merasa terlalu sibuk? Terlalu banyak kursus? Kegiatan?
4. Apakah Anda membuang waktu untuk hal-hal yang membuat Anda tidak bahagia?
5. Apakah Anda sering bersama dengan orang-orang yang menyebabkan Anda tidak bahagia?
6. Apakah Anda terlalu banyak tidur? Tidak cukup tidur?
7. Apakah Anda mengkonsumsi makanan yang bergizi?
8. Apakah Anda akan menyesali hidup Anda bila dokter memvonis bahwa waktu Anda tinggal sebulan lagi?
9. Apakah Anda terlalu keras pada diri Anda? Atau sebaliknya?
10. Apakah Anda sayang pada diri Anda? Mengapa atau mengapa tidak?
11. Apakah Anda dikelilingi oleh orang-orang yang menyayangi Anda?
12. Apakah Anda sering meluangkan waktu diluar ruangan, alam terbuka, atau dengan hewan peliharaan?
13. Apakah Anda membaca dan / atau belajar tentang suatu hal yang Anda minati?
14. Apakah Anda sering terinspirasi? Apakah Anda berusaha untuk menginspirasi orang lain?


Bagaimana perasaan Anda setelah menjawab pertanyaan-pertanyaan ini? Apakah Anda sadar sekarang bahwa se
benarnya Anda lah yang memegang kendali dari banyak elemen dalam hidup Anda untuk menjadi bahagia? Memang lebih gampang untuk menyalahkan situasi atau orang lain... tapi kita lah yang memiliki kuasa penuh dalam hidup ini. Jika Anda mendambakan hidup yang lebih berisi, cobalah untuk renungkan sejenak, periksa jawaban Anda dari pertanyaan diatas. Apakah Anda suka jawaban yang Anda tulis? Jika tidak, apa yang dapat Anda lakukan untuk mengubahnya?

Sekali lagi, Anda tidak dapat mengendalikan segalanya, tet
api ada beberapa hal yang bisa Anda kontrol. Terserah kepada Anda untuk mempertimbangkan pertanyaan-pertanyaan ini dengan jujur ​​dan memutuskan apa - jika ada - yang perlu Anda lakukan untuk mengubah hidup. Jika Anda ingin menjalani hidup yang Anda suka, maka Anda harus mengendalikan kebahagiaan Anda sendiri. It’s up to you to choose happiness.




Ilustrasi: TPG Images

No comments: