Monday 22 March 2010

Asiknya Ibu Yang Bekerja Dari Rumah Secara Online



Sebagian besar teman saya banyak yang (agak) iri karena saya bisa bekerja di rumah secara online. Mereka pikir saya bisa berleha-leha disaat kebanyakan orang terburu-buru memulai aktivitas pagi hari agar tidak terlambat tiba di kantor, bekerja di meja makan sambil menikmati sarapan pagi, atau ber-laptop ria di tempat tidur sambil menonton siaran langsung Academy Awards sementara diluar hujan lebat mengguyur kota BSD. Semuanya memang bener sih hehehe...;p Tapi untuk para freelancer atau yang bisnis di rumah pasti tau kalo sebenarnya pekerjaan kami tidak segampang yang dibayangkan, karena sesungguhnya bekerja di rumah juga menuntut tanggung jawab dan komitmen yang tinggi.


Tapi izinkan saya memberi sedikit alasan, mengapa saya memilih bekerja dari rumah secara online dibanding kembali bekerja kantoran:

1. Bisa menghabiskan waktu lebih sering dengan dengan anak

Asiknya bekerja di rumah secara online adalah saya bisa menjadi bagian dari kegiatan anak saya selama seharian penuh, bukan cuma pagi saat sarapan, malam saat membacakan dongeng atau akhir pekan saja. Saya bisa makan siang dengan Deco, anak saya yg masih berumur dua tahun, lalu mendengarkan celotehan anak pertama saya, Katja, sepulangnya dari sekolah. Memang saya tidak bisa disamping mereka setiap saat karena kan saya harus kembali duduk depan komputer saya, tapi saya punya kesempatan lebih banyak untuk berinteraksi dengan anak-anak dibanding mereka yang bekerja kantoran.

2. Jam kerja lebih fleksibel

Saya memiliki waktu yang fleksibel, tinggal belajar untuk disiplin mengatur jadwal kapan saya harus bekerja, mengurus rumah tangga dan beristirahat. Biasanya saya memilih bekerja di sore hari dan setelah anak-anak sudah tidur. Memang saya sendiri kadang masih suka melakukan penyesuaian dengan jam bekerja, karena kadang kalo lagi keasikan kerja suka keterusan sampai kelebihan dua jam, hehe... sementara kerjaan lainnya malah tertunda. Tapi saya sebisa mungkin disiplin dalam hal waktu dan berusaha memulai hari lebih pagi supaya saya bisa selalu bekerja dengan efisien.

3. Tidak perlu kena macet

Alhamdulillah saya tidak perlu mengahadapi keruwetan lalu lintas setiap pagi. Karena perjalanan bolak balik kantor bukan hanya melelahkan, bikin stres, tapi juga mahal. Anda bisa hemat bensin, perawatan mobil, atau biaya angkutan umum dengan bekerja dari rumah.

4. Hemat Biaya Membeli Baju Kantor Dan Makan Siang

Salah satu asiknya bekerja di rumah secara online adalah saya bisa bekerja sambil memakai daster atau t-shirt kesayangan plus celana pendek...! ;p Tidak perlu pusing memikirkan kemeja mana yang harus saya pakai hari ini. Dengan kata lain budget pembelian busana kantor sudah pasti menurun drastis. Selain itu tentunya saya juga bisa berhemat karena bisa makan siang di rumah setiap hari.

5. Memiliki Penghasilan Yang Cukup Besar

Saya jadi ingat, kemarin salah satu sahabat saya yang juga bekerja online bercerita pada saya bahwa dia dipanggil interview oleh sebuah perusahaan yang tertarik dengan web design portfolio-nya. Setelah tawar menawar, akhirnya ia ditawari bekerja part-time dua kali seminggu dengan gaji 2 juta rupiah per bulan. Teman saya lalu menolak dengan halus. Waktu saya tanya kenapa, jawabannya, 'Ngapain, Liv? Bisnis online gue so far udah menghasilkan 7 jutaan per bulan tanpa harus keluar rumah.' Kedengerannya agak belagu ya? Hehehe... Tapi memang kenyataannya bisnis online bisa memberikan pemasukan tak terhingga ke kantong kita. 

6. Memiliki Kontrol Penuh Atas Hidup Saya

Dengan bekerja di rumah saya bisa menjadi bos bagi diri saya sendiri. Saya bebas membuat peraturan sendiri, membuat jadwal sendiri, bisa libur lebih panjang, anti PHK dan yang paling utama, saya bisa dekat dengan orang-orang yang saya cintai di rumah.

Jadi, tunggu apalagi? Yuk wujudkan mimpi Anda untuk bekerja secara online mulai sekarang..! Tetap semangat ya! :)


-ilustrasi: TPG images-

No comments: