Sunday 21 February 2010

9 Tips Cara Bangun Lebih Pagi


Kalau dipikir, sejak punya anak 5 tahun yang lalu, gak ada lagi istilah sarapan pukul 8 pagi lalu lanjut tidur sampe pukul 11 siang buat saya.. (kenangan yang indah..hehe...) Apalagi sejak kerja online dari rumah, mau ga mau saya harus disiplin untuk mengatur waktu yang ada. Tapi justru ini yang memotivasi saya untuk bangun lebih pagi supaya aktivitas antara ngurus keluarga, rumah, kerja online, dan bersosialisasi, bisa seimbang. Bangun pagi disini bagi saya itu antara pukul 5.00-5.30 dan saya selalu berusaha bangun lebih awal agar punya ekstra waktu sekitar 1-2 jam untuk duduk dan mengerjakan tugas saat anggota keluarga yang lain masih asik bermimpi.



Apa keuntungannya bangun lebih pagi? Yang pasti dengan memulai hari lebih cepat, semakin banyak pula yang bisa kita kerjakan. Buat saya dengan bangun pagi karena udaranya masih segar, suasananya lebih senyap, bisa memunculkan mood yang bagus buat memulai aktivitas. Pikiran lebih jernih, fokus, otomatis produktivitas mengingkat. Manfaat bangun pagi juga menghindarkan saya dari tekanan. Mana enak sih diburu-buru waktu? Dengan bangun pagi, saya bisa santai menikmati sarapan pagi, minum kopi secara perlahan, dan mulai mengerjakan tugas utama yang sudah saya rencanakan malam sebelumnya. Just having some "me-time".

Anyway, setelah trial dan error, ini beberapa tips yang saya praktekin supaya bisa bangun lebih pagi setiap hari:


1. Kalo badan udah mulai capek, segera tidur

Saya biasakan rebahan di ranjang - bukan tidur ya - sekitar pukul 22.00, karena di jam segitulah badan saya mulai terasa capek. Karena kalo saya paksain tidur dibawah jam itu, yang ada saya malah melek dan mainan bb...hehehe, karena memang belum capek. Nah, biasanya begitu rebahan, kira-kira sepuluh menit kemudian, langsung deh 'tewas'...hehe. Yang susah nihh, buat kita yang kerja di rumah adalah kebiasaan ga bisa berenti kalo lagi keasikan kerja, ya ga? Inget, kalo tidurnya kemaleman, bangunnya juga pasti kesiangan. Jadi segera naik keatas ranjang begitu mulai ngerasa lelah. Lebih baik tidur cepat, sehingga besok paginya bisa bangun lebih pagi untuk menyelesaikan kerjaan kita. Kebanyakan begadang juga ga baik buat liver.

2. Siapkan semuanya pada malam sebelumnya.
Sebelum tidur, biasakan untuk merencanakan apa yang hendak kita lakukan besok. Dari sekian banyak tugas, pilih yang terpenting dan mendatangkan keuntungan buat kita. Misalnya, kalo pilihannya antara ngepel lantai sama cari program afiliasi untuk website terbaru kita, ya kita pilih yang kedua dong. Ngepel lantainya bisa agak siangan aja, hihi.. Nah, begitu selesai bikin prioritas, siapkan semua peralatan yang kita butuhkan untuk esok hari. Kalo dalam kasus saya, ini juga termasuk menyiapkan seragam sekolah dan lunch-box anak saya, biar ga buru-buru pas berangkat. Pokoknya semua yang musti dikerjakan pada pagi hari, saya siapin malam sebelumnya. Setelah itu segera tidur dan beristirahat. Kalo ini kita lakukan secara rutin, pasti hidup kita mengalami kemajuan lebih besar karena sementara orang lain masih asik bermimpi, kita udah action ngerjain tugas utama kita lebih awal. Ada yang bilang, kemenangan dalam perlombaan kadang tidak ditentukan oleh siapa yang tercepat, tapi siapa yang mulai lebih awal ;)

3. Pasang alarm. Taro di seberang ruangan.
Dulu beberapa kali saya tanpa sadar mematikan alarm bb saya setiap pagi. Yang ada setiap pagi juga saya kesiangan karena baru bener-bener bangun setengah jam kemudian.. *waks!* Jadi mulai saat itu saya taro bb di meja deket pintu kamar biar saya bisa paksain diri untuk berdiri dan matiin alarmnya.
 

4. Siapin gelas isi air putih disamping tempat tidur.
Minum satu gelas air putih begitu bangun tidur. Setelah tidur semalaman, badan kita sedikit dehidrasi. Dan ga tau kenapa, setelah minum air putih tubuh ini kayanya tau bahwa udah waktunya bangun sehingga badan jadi lebih segar.

5. Cari alasan tepat untuk bangun pagi.
Boleh cari alasan remeh, misalnya, "ah saya mo bikin pancake buat sarapan bareng anak-anak", atau "mo jogging keliling kompleks dulu sebelum kerja", "pingin main xbox setengah jam aja sebelum mandi". Atau alasan yang lebih serius seperti "pingin nerusin ngetik satu bab artikel untuk web... dikit lagi kelar..", "mau berangkat lebih pagi ah, supaya bisa nebeng supir kantor untuk ketemu klien.." dan sebagainya... Yahh, pokoknya pikirkan apa aja yang bisa bikin kita semangat bangun pagi.

6. Lompat dari tempat tidur.
Sebenernya bukan berarti lompat beneran sih..! Bisa pusing ntar, hehehe.. Maksud saya adalah, begitu alarm bunyi tanpa pikir panjang langsung minum air putih dan turun dari ranjang, buka pintu, dan keluar kamar. Biasanya abis itu saya langsung sadar sesadar-sadarnya. Trik ini mencegah saya tergoda untuk kembali ke tempat tidur saya yang hangat :)

7. Bikin jadi suatu rutinitas.
Buat bangun pagi sebagai rutinitas. Artinya usahain untuk selalu bangun pada jam yang sama, bahkan saat akhir pekan. Soalnya kalo kita cuma bangun pagi saat hari kerja dan kesiangan saat akhir pekan, dijamin pas hari Senin-nya kita bakalan susaaahh banget buka mata. Kenapa? Karena kita udah merusak pattern yang kita bikin. Badan kita harus start dari awal lagi. saya sendiri masih suka tergoda untuk bangun siang saat weekend, tapi toh tetep aja ga bisa, karena di akhir minggu saya harus tetep ngurus anak-anak yang kalo pagi banyak banget maunya... :p Jadi lebih baik tetep lakuin rutinitas yang sama setiap hari, entah itu, jalan pagi, sholat Subuh untuk yang muslim, atau baca satu bab novel yang baru dibeli kemarin.

8. Jangan minum kopi atau sesuatu yang mengandung kafein sebelum tidur
Buat saya ngaruh banget. Kopi, teh, cola, dan teman-temannya punya efek stimulasi yang menyebabkan kita "ON" selama beberapa jam kedepan. Kafein juga bisa membuat tubuh kita susah untuk rileks. Yah sebenernya efeknya beda-beda di setiap orang sih, tapi lebih baik dihindarin dulu kalo memang niat bangun pagi. Siapa tau kualitas tidur kita jadi lebih baik.

9. Tidur siang.
Nah, buat saya yang punya "kemewahan" untuk bisa tidur siang karena kerja dari rumah, kesempatan ini ga saya sia-siakan. Kalau kita susah banget bangun pagi, bisa jadi badan kita sebenernya memang kurang istirahat. Saya siasatinnya dengan tidur siang, ga usah lama-lama, sekitar setengah sampai satu jam aja setelah makan siang. Begitu bangun, badan segar lagi, dan bisa kembali beraktivitas.

Kesimpulannyaa....

Untuk bangun lebih pagi memang butuh perjuangan dan motivasi, tapi alhamdulillah saya berhasil melakukannya secara konsisten. Awalnya emang beraaattt banget, sampe saya pernah nyerah dan bangun kesiangan lagi selama sebulan. Tapi begitu saya terapin tips diatas sedikit-sedikit, akhirnya berhasil juga dan sekarang rasanya badan saya ga enak kalo kelamaan tidur. Dan hasilnya juga hidup rasanya lebih produktif dan berkualitas karena saya jadi punya lebih banyak waktu untuk merefleksikan apa yang sudah saya lakukan dan apa yang ingin saya raih.

Coba deh beberapa tips diatas kalo pingin bangun pagi.... Kata orangtua, jangan bangun kesiangan, ntar rejekinya dipatok ayam, hehehe... Ada yang mau komentar?



-ilustrasi: TPG images-

No comments: